Belajar Bahasa Korea bersama Rizky Ho (Bagian 1)

300px-Coat_of_arms_of_South_Korea.svg

Lambang Republic of Korea

Bertuliskan 대한민국(DAE HAN MIN GUK) nama asli Korea

안녕하세요 ^^ Readers ada yang gak ngerti sama apa yang saya tulis? Ya! Itu salah satu rangkaian kata dalam bahasa Korea yang mempunyai arti Halo/ Apa Kabar. Lah terus dibacanya gimana dong? Eits, makanya dari itu disini saya mau berbagai ilmu kepada readers bagaimana caranya memahami bahasa Korea, ya, minimal bisa membaca tulisan Korea yang disebut Hangeul (한글) Emang ngaruh? Tunggu dulu, bagi saya sendiri memahami bahasa negara lain suatu hal yang penting – toh di zaman modern seperti ini belajar bahasa asing selain Inggris sangat dibutuhkan sekali dalam dunia kerja. Khususnya bahasa Korea, apalagi ditambah Korean Wave yang sekarang-sekarang sudah menjamur dimana-mana. Plus mungkin buat kita sendiri kelihatan keren di mata temen-temen kan kalo bisa baca iklan-iklan produk Korea? Hehe

Oke saya mau langsung saja mulai pembelajarannya.

한글 (Hangeul) yaitu sistem penulisan dalam bahasa Korea. Sejarah awal terbentuknya Hangeul dimulai ketika diciptakannya Hangeul oleh Raja Sejong pada tahun 1443. Sebelum diciptakan Hangeul masyarakat Korea masih ‘meminjam’ huruf China. Gak kebayang kan tuh pusingnya minta ampun…

Adapun tujuan diciptakannya Hangeul ini yaitu, pertama sistem penulisan ini menunjukkan sifat kemandirian bangsa Korea dan terlepas dari pengaruh bangsa China saat itu. Kedua, saat itu masyarakat Korea banyak yang buta huruf! Lah – ya karena masyarakat Korea saat itu sulit untuk mempelajari huruf China, apalagi saat itu negara Korea bisa dibilang negara termiskin –tidak seperti sekarang. Angka buta hurufnya masih dikatakan tinggi! Nah, maka dari itu Hangeul sebagai pengganti dari huruf China itu sendiri agar mudah dimengerti masyarakat Korea.

Hangeul terbagi dua bagian, terdiri dari vokal dan konsonan.

VOKAL

A

YA

I

Sama

YI

U

YU

E

YE

O

YO

EO

YEO

AE

YAE

Selain vokal dasar di atas, ada pun vokal rangkap seperti:

ㅗ + ㅏ

O + A = WA

ㅗ + ㅐ

O + AE = WAE

ㅗ + ㅣ

O + I = WE

ㅜ + ㅓ

U + EO = WO

ㅜ +ㅔ

U + E = WE

ㅜ + ㅣ

U + I = WI

ㅡ + ㅣ

EU + I = EUI

Contoh:

  • WAE YO (왜요) artinya kenapa
  • U YU (우유) artinya susu
  • A I YU (아이유) nama penyanyi Korea IU (aiyu)

*Apabila tidak ada konsonan sebelum vokal, maka bubuhkan (ㅇ ) tunggal

Untuk memahami huruf konsonan silahkan lanjut di bawah ini ya…

KONSONAN

HURUF

GieuK

NieuN

DigeuT

RieuL

MieuM

BieuP

SieuT

IeuNG

JieuT

DIBACA DI AWAL

G

N

D

R/L

M

B

SS

J

DI BACA DI AKHIR

K

N

T

L

M

P

T

NG

T

HURUF

ChieuT

KhieuK

ThieuT

PhieuP

HieuT

DIBACA DI AWAL

Ch

Kh

Th

Ph

H

DIBACA DI AKHIR

T

K

T

P

T

Selain itu ada pun konsonan yang digabung seperti ㄲ (kk) ㄸ(dd) ㅃ(pp) ㅉ (jj) ㅆ (ss)

Contoh:

수영 SU-YEONG artinya berenang ㅅ + 우 = 수 (S + U = SU) 여 + ㅇ = (YEO + ..ng) = YEONG

아버지 A-BEO-JI artinya ayah

바람 BA – RAM artinya angin

Udah mulai ngerti kah?

So, readers sudah tau apa yang ditulis saya di tulisan paling atas tadi?

Ya! 안녕하세요 dibaca AN NYEONG HA SE YO🙂

Masih gak ngerti?

Boleh di bawah ini saya jelaskan lagi ya, mungkin readers masih ada yang bingung kok ada yang disatukan jadi dua ada yang tiga.

Fungsi Konsonan “

  1. Kalau suku kata dimulai dengan huruf VOKAL , konsonan “ㅇ” ditulis sebagai pelengkap saja dan tidak berbunyi.

Contohnya: A KU ditulis menjadi 아쿠

  1. Kalau konsonan “ㅇ” itu ada di akhir suku kata maka berbunyi “..ng”

Contonya: GO BANG ditulis menjadi 고방

Sudah mengerti, kan?

Ada lagi nih…

Cara menulis suku kata:

2 suku kata      : Adi (nama orang) ditulis (A + DI) = 아디

3 suku kata      : Saranghae ditulis (Sa + Rang + Hae) = 사랑해

4 suku kata      : Manusia ditulis (Ma + Nu + Si + A) = 마누시아

Adapun alfabet latin “F, S, R, D” menjadi konsonan akhir, ditulis 프, 스, 르, 드

Contohnya:

Cianjur ditulis (Ci + An + Ju + Reu) =치안주르

Cibodas ditulis (Ci + Bo + Da + Seu) = 치보다스

Nah, satu lagi kalau menemukan huruf “H” menjadi konsonan akhir maka hilangkan saja (tidak perlu ditulis)

Contohnya: Risih ditulis (Ri + Si) = 리시

Sudah paham kan?

Nah, sekarang yuk coba tulis namamu sendiri di kolom komentar di bawah sini…. Kalo pun ada yang mau ditanyakan silahkan komentar juga🙂

Untuk cara mengaktifkan agar bisa menulis Hangeul di PC silahkan klik disini

Terima kasih

감사합니다

PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!

❤리즈키 호

2 thoughts on “Belajar Bahasa Korea bersama Rizky Ho (Bagian 1)

  1. Pingback: Cara Mengaktifkan Huruf Korea (Hangeul) di PC | Rizky Ho

  2. Maaf, space untuk Konsonan ada yang kepotong hehe
    Ini lanjutannya

    ㅇ IeuNG
    DI AWAL DIBACA: –
    DI AKHIR DIBACA: …ng

    ㅈ JieuT
    DI AWAL DIBACA: J
    DI AKHIR DIBACA: T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s